Sinopsis film Erin Brockovich

Ilmu komunikasi jurnalistik, jurnalisme sastra


Erin Brockovich adalah seorang single parent (janda) yang sudah 2 kali bercerai dan memiliki 3 orang anak, menganggur tanpa pekerjaan. Dengan putus asa Erin mencoba mencari pekerjaan tapi selalu gagal mendapatkannya.


Tidak hanya itu, iapun kalah dalah dalam gugatan hukum terhadap seorang dolter sehubungan dengan kecelakaan mobil yang menimpanya. Tidak heran jika Erin menyalahkan pengacaranya, Ed Masry yang gagal membuatnya menang dalam perkara hukum itu.

Masry ternyata merasa bersalah pada kliennya itu sehingga iapun memberikan pekerjaan bagi Erin di sebuah firma hukumnya. Padahal Erin tidak puya pengalaman di bidang hukum. Sehingga orang-orang di firma hukum tersebut tidak memperdulikannya, apalagi selera busana Erin yang buruk dan suka berbicara kasar.

Tetapi pada suatu hari ia tanpa sengaja menemukan sebuah perkara Milik Donna Jensen kepada sebuah perusahaan raksasa Pacific Gas & Electric atau PG & E yang kelak akan mengubah hidupnya. Klaim yang sebenarnya hanya penolakan untuk menjual tanah dan rumah yang juga turut disertai dengan daftar pemeriksaan kesehatan Donna Jensen.

Perusahaan tersebut  diam-diam berusaha membeli sebidang area milik warga Hinkley yang terkontaminasi oleh haxavelent chromium, hasil limbah beracun dan berbahaya. Chromium mengkontaminasi air tanah yang dipergunakan sebagai kebutuhan hidup 300 orang warga Hinkley sehari-hari akibatnya hampir seluruh warga yang mendiami area tersebut keracunan dan menderita pusing, kanker, tulang kropos, keguguran, infeksi pernafasan, dan lain-lain, meski kenyataan itu baru bisa dilihat 1 tahun kemudian.

Di sela-sela kesulitan membagi waktu antara pekerjaan dan ibu dari ketiga anaknya, Erin terpanggil untuk membela hak pemukim yang sudah lama mengalami gangguan kesehatan akibat limbah chromium tingkat 6 tersebut. Atas dasar itulah, bersama bos firmanya, Erin melakukan investigasi agar bisa mengajukan tuntutan hukum kepada perusahan PG & E.

Selama hampir 2 tahun ia bekerja keras dengan caranya sendiri dan melewati berbagai hambatan dan masalah, hingga akhirnya ia memenangkan kasus terbesar di Amerika Serikat, yakni 333 juta dollar, ia sendiri mendapatkan 2 juta dollar ditambah bonus yang lain.

Persepsi 5 pemain tentang konflik yang dihadapi 


  •  Erin Brockovich adalah seorang amatiran, meski demikian ia mampu menjalankan perannya dengan baik karena semata-mata ia memiliki persepsi bila ia harus melakukan sesuatu yang berguna bagi orang lain. Karena ia pameran utama, maka konflik yang ia hadapi cukup banyak, yakni dengan anak-anaknya, pacarnya, partnernya, rekan sekantornya, warga Hinkley (kliennya), musuhnya (pengacara PG & E). Secara garis besar, Erin memiliki pandangan yang positif terhadap konflik yang ia hadapi.

  • Ed Masry, seorang pengacara yang telah berjuang membangun firma huku selama 15  wtahun ini, cenderung lebih banyak melakukan pertimbangan dalam memenangkan kasus Hankley. Ia berusaha untuk melakukan tindakan rasional, tidak hanya menggunakan intuisi seperti Erin. Hal inilah yang mendasari ia melakukan kerjasama dengan pengacara hebat dari luar.

  • George, tetangga Erin yang maniak dengan Harley Davidson ini juga bertindak sebagai pacar bagi Erin dan pengasuh bagi anak-anak Erin. Meski hubungan romantika mereka tidak bersatu, namun mereka tetap menjalin hubungan komunikasi dengan baik. Konflik George ini lebih ditekankan pada keputus-asaannya dalam menghadapi kesibukan Erin.

  • Donna Jensen, salah satu warga Hinkley yang menderita kanker payudara dan rahim ini, banyak memberikan dukungan pada Erin untuk terus berjuang dalam memenangkan kasus Hinkley. Ia berkeinginan kuat untuk mencoba mengambil apa yang sudah menjadi haknya dari perusahaan PG & E, yakni jaminan hidup layak.

  • Pengacara PG & E, menunjukkan persepsi bahwa apa yang diinginkan Erin dan warga Hinkley berada di luar batas karena jumlah yang dituntut sangat besar. Namun ditunjukkan pula, meski membela  nama perusahaannya dan menyanggah setiap bukti yang menyudutkan mereka, para pengacara itu pun tidak mau mengambil resiko saat Erin dengan lugasnya mengatakan bahwa minuman yang ia sediakan untuk para pengacara itu diambil dari Hinkley.

Related Post



Anonim mengatakan...

Status pekerjaan dia di firma itu apa ya?

Posting Komentar