Media online

Komunikasi jurnalistik

Pengertian media online



Media berasal dari bahasa latin meruakan bentuk jamak dari "medium" yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Perantara atau pengantar terjadinya komunikasi dari pengirim menuju penerima (Heinich et.al., 2002; Ibrahim, 1997; Ibrahim et.al., 2001).


Schramm (1977) mengemukakan bahwa media adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.


Media online (online media) disebut juga sebagai media internet (internet media), media siber (cybermedia), dan media baru (new media) merupakan media yang tersaji secara online di situs web (website) internet.

Media online merupakan produk jurnalistik online atau cyber journalisme yang didefinisikan sebagai "pelaporan fakta atau peristiwa yang diproduksi dan didistribusikan melalui internet".

Salah satu desain media online yang paling umum diaplikasikan dalam praktik jurnalistik pada saat sekarang ini adalah berua situs-situs berita. Di dalamnya terdapat berbadai informasi yang sesuai dengan apa yang dicari dan memungkinkan pengakses indormasi untuk memperoleh aneka fitur fasilitas teknologi online dan berita di dalamnya.



M.Romli, Asep Syamsul. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung. Penerbit Nuansa Cendekia.

Related Post



Posting Komentar